Pengertian Kriptografi

Kriptografi berasal dari bahasa Yunani yaitu cryptos yang berarti rahasia dan graphein yang berarti tulisan. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari penulisan secara rahasia dengan menggunakan teknik-teknik metematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti : keabsahan, integritas data, serta autentifikasi data.

Tujuan Kriptografi

Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yang juga merupakan aspek keamanan informasi yaitu :
  • Kerahasiaan, adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka/mengupas informasi yang telah disandi.
  • Integritas data, adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
  • Autentikasi, adalah berhubungan dengan identifikasi/pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain.
  • Non-repudiasi., atau nirpenyangkalan adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan/membuat. 
Jenis Algoritma Kriptografi

Berdasarkan kunci yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi, kriptografi dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu kriptografi simetri (symetric cryptography) dan kriptografi asimetri (asymetric cryptography)

Kriptografi Simetri (Symetric Cryptography)  

Pada sistem kriptografi simetri, kunci untuk proses enkripsi sama dengan kunci untuk proses dekripsi. Keamanan sistem kriptografi simetri terletak pada kerahasiaan kunci. Istilah lain untuk kriptografi simetri adalah kriptografi kunci privat (private key cryptography) atau kriptografi konvensional (conventional cryptography).

Algoritma kriptografi simetri dapat dikelompokkan menjadi dua kategori antara lain :
  1. Cipher aliran (stream cipher)
  2. Algoritma kriptografi beroperasi pada plainteks/cipherteks dalam bentuk bit tunggal yang dalam hal ini rangkaian bit dienkripsikan/didekripsikan bit per bit. Cipher aliran mengenkripsi satu bit setiap kali.
  3. Cipher blok (block cipher)
  4. Algoritma kriptografi beroperasi pada plainteks/cipherteks dalam bentuk blok bit, yang dalam hal ini rangkaian bit dibagi menjadi blok- blok bit yang panjangnya sudah ditentukan sebelumnya. Cipher blok mengenkripsi satu blok bit setiap kali.

Kriptografi Asimetri (Asymetric Cryptography)

Pada sistem kriptografi asimetri, kunci untuk proses enkripsi tidak sama dengan kunci untuk proses dekripsi. Istilah lain untuk kriptografi asimetri adalah kriptografi kunci publik (public key cryptography), sebab kunci  untuk enkripsi tidak rahasia dan dapat diketahui oleh siapapun, sementara kunci untuk dekripsi hanya diketahui oleh penerima pesan.

Aplikasi Kriptografi

  1.   Jasa Telekomunikasi
    • mengamankan informasi konfidensial dalam berkomunikasi seperti suara, gambar, data, dll.
    • transfer data untuk keperluan manajemen jaringan dan transfer online. 
    • menjaga copyright dan informasi yan diberikan.
  2. Militer & Pemerintahan 
    • pengiriman pesan
    • menyimpan data-data rahasia militer dan kenegaraan dalam media penyimpanan, selalu dalam keadaan terenkripsi. 
  3. Data Perbankan 
    • info transfer antar bank harus terenkripsi 
  4. Data Konfidensial Perusahaan 
    •  rencana starategis, formula produk, database karyawan.
  5. Pengamanan Elektronik-mail 
    • mengamankan pada saat ditransmisikan. 
  6. Kartu Plastik 
    • SIM card, kartu telp, ATM, kartu kredit, dll.
    • enkripsi tekhnologi penyimpanan data secara magnetic optic, maupun chip. 

    2 comments

    1. Kami juga mempunyai artikel yang terkait implementasiCMOS, bisa di download disini:
      http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3411/1/pixel%20cmos%20design%20using%20current%20-%20mirror%20circuit.pdf
      semoga be

      ReplyDelete
    2. kita juga punya nih artikel mengenai 'Kriptografi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
      http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2430/1/03-02-010-Aplikasi%5bYulisdin%5d.pdf
      terimakasih

      ReplyDelete

    Counter

    Online User

    Chat

    Facebook

    Followers